Mau ke Gili Ketapang? Ketahui 3 Hal ini!

- Mau ke Gili Ketapang? Ketahui 3 Hal ini! -

Hallo Sahabat Traveller...

Hendak berlibur kah? Mungkin sahabat sudah tidak sabar ingin scroll kebawah kan?, Tapi alangkah baiknya jika sobat membaca perlahan.

Bukan karena apa, tapi siapa tahu hal-hal yang mungkin sobat anggep sepele ini, malah justru yang membantu sobat dalam perjalanan Ke Pulau Indah Pulau Gili Ketapang Probolinggo.

Sebelumnya Pernahkah sahabat mendengar Pulau unik ini?

Mau ke Gili Ketapang? Ketahui 3 Hal ini!

Beruntung bila sudah mendengarnya, tapi apakah sobat pernah Kesana?

Bila Belum sama sekali, bahkan mendengarnya sekalipun belum, maka persiapkan 5 hal ini terlebih dahulu. Barulah beranjak ke 3 Hal yang perlu kamu ketahui.

Kira-kira, apakah 5 hal itu ?

1. Berkemas

Yah, berkemas. Mungkin sobat langsung bernada tinggi. atau mungkin berkata "Ya, Iya lah..., Mana mungkin tidak berkemas".

Mau ke Gili Ketapang? Ketahui 3 Hal ini!

Tapi coba sobat ingat-ingat kembali, Sering kali sobat berkemas tapi apa yang dikemas terasa sangat berlebihan dan membebani Perjalanan sahabat Traveller. Atau mungkin malah kurang hingga bingung hendak beli kemana asalkan keperluan tercukupi.

Nah, bila hal tersebut pernah sobat alami, alangkah baiknya Sobat pikirkan matang-matang terlebih dahulu. Mana barang pokok yang dibawa, mana barang secondary yang bisa dibawa-bisa tidak.

Dalam berkemas lebih-lebih untuk berlibur kedaerah pantai, jangan pernah melupakan P3K.
Perlunya bukan untuk menakut-nakuti, tapi sobat tidak tau kan mana-mana hewan laut yang bisa menyakiti sobat. Karena banyak sekali makhluk laut yang ukurannya kecil-kecil, bahkan ada yang serupa dengan air laut seperti Ubur-ubur.

Sekedar saran untuk sahabat Traveller, bila ada kebutuhan yang kiranya sobat punya dan ditempat berlibur ada yang menyewakan, mungkin lebih baik bila sobat menyewa.

Selain untuk membantu kesejahteraan masyarakat, juga membantu sobat meringankan barang bawaan sobat. So, bijaklah dalam berkemas.

Selamat Berkemas

2. Air Minum

Pantai, sekalipun berlimpah airnya tapi sering kali pantai membuat kita tak henti-hentinya berkeringat. Apalagi dipantai-pantai yang tidak begitu banyak pepohonan, ditambah dengan sapaan matahari yang terik.
 
Mau ke Gili Ketapang? Ketahui 3 Hal ini!

Belum merasakan volly pantai, dan snorkeling di Pulau Gili Ketapang tapi keringat sobat sudah terkuras banyak. Tidak menyenangkan bukan? Bila liburan yang sudah kita rancang, tapi sobat malah lemas karena Dehidrasi.

Nah, cobalah untuk berbekal air putih secukupnya dan Konsumsilah air putih sebanyak-banyaknya. Eitsss..., jangan Berlebihan lho ya, Secukupnya saja!

Yang terpenting, kebutuhan cairan ditubuh tetap dapat terpenuhi.

3. Perlindungan dari Sengatan Matahari

Di pantai, matahari sangat terik sekali menyengat hingga mengakibatkan kulit serasa terbakar. Bila kulit sampai terkelupas, iritasi kulit akan menghampiri.

Mau ke Gili Ketapang? Ketahui 3 Hal ini!

Bukankah sobat tidak ingin hal itu terjadi?

Untuk melindungi kulit sobat, penting sekali untuk mengoleskan sunblock. Yah minimal yang SPF 30 lah, toh untuk melindungi sobat sendiri. Kesehatan itu mahal lho.

4. Makanan

Untuk sahabat traveller yang sudah berkunjung ke pantai-pantai seluruh indonesia, mungkin sudah mengenal tampat-tampat kuliner, pusat perbelanjaan dan lain-lain.

Tapi, bagaimana dengan rekan anda, keluarga anda, orang-orang yang sobat sayangi?

Apalagi ini pertama kalinya sobat dengan keluarga berkunjung ke Pulau Gili Ketapang.

“Memangnya kenapa dengan Makanan? Kan Bisa beli disana?”, right?

Mau ke Gili Ketapang? Ketahui 3 Hal ini!

Tunggu dulu, banyak sekali pantai di Indonesia yang letaknya cukup jauh dari pusat Perbelanjaan atau mini market lho. Memprihatinkan bukan, Bila ditengah asyiknya kita bermain dan bersantai tiba-tiba tenaga mulai berkurang, dan si perut mulai mengeluarkan nada-nada keroncong?

Jadi, alangkah baiknya sobat persiapkan makanan-makanan yang kiranya dibutuhkan, Yah, minimal untuk mengganjal lapar.

Sobat mungkin bisa menyiapkan camilan, buah dan bila sobat mau sobat juga bisa membawa sayur dan perlengkapan masak seperti Kompor mini dan gasnya.

Selain untuk mengolah bahan makanan yang sobat bawa, alat masak juga bisa sobat gunakan untuk mengolah hasil tangkapan ikan dari hasil memancing sobat.

Bukankah akan sangat menggembirakan memasak tangkapan ikan dari hasil pancingan sendiri? Apalagi saat bersama orang-orang yang sobat sayangi. Romantis bukan?

5. Keselamatan

Siapa yang tak ingin selamat saat berlibur? Tentunya hal ini adalah hal yang selalu diperhatikan oleh semua sahabat Traveller kan?

Tapi sering kali, entah sengaja atau tidak, banyak yang meremahkan. Sehingga sesal kemudian yang menjumpai.

Sangat-sangat penting sekali memperhatikan keselamatan saat berlibur di pantai. Sobat sebaiknya memperhatikan tanda-tanda yang ada, semisal peringatan gelombang tinggi, batas maksimal berenang, boleh tidaknya berenang, dan berbagai macam.

Mau ke Gili Ketapang? Ketahui 3 Hal ini!

Sobat juga jangan lengah untuk memperhatikan lingkungan yang mungkin saja ada hewan-hewan berbahaya yang ada dipantai seperti ubur-ubur, bulu babi dan sebagainya.

Jangan terburu-buru untuk menyentuh makhluk laut yang mungkin menurut sobat lucu,atau imut-imut, karena bisa saja hewan itu berbahaya untuk sobat.

Jangan sampai kecelakaan kecil membuat hasrat berlibur anda menjadi tidak asyik, okey?

Nah sobat, sudah kah sobat berkemas dan mempersiapkan 5 hal diatas?
Sudah siap untuk berangkat?

Jangan beranjak dulu, Sekarang Sobat Ketahui dulu 3 hal ini, sebelum sobat menuju Pulau Gili Ketapang.

Apa sajakah 3 hal itu?
Silahkan disimak dengan teliti ya sob...

1. SEJARAH dan MITOS PULAU GILI KETAPANG

Kenapa sahabat harus mengetahui sejarah dari pulau ini ?

Yaps, tentunya akan tidak lengkap bila sobat hanya berwisata tanpa tahu sejarah dari tempat yang sobat kunjungi. Inilah sejarah dari Pulau Gili Ketapang.

Mau ke Gili Ketapang? Ketahui 3 Hal ini!

Sejarah dari Pulau Gili Ketapang ini, tidak lepas dari sebuah mitos masyarakat. Konon katanya, pulau ini dapat bergerak hingga ke tengah laut.

Dahulu Pulai ini berlokasi di suatu daratan yang sama dengan daratan di Desa Ketapang, lalu setelah terjadi peristiwa meletusnya Gunung Semeru, daratan di Desa Ketapang itu akhirnya terpisah dan terbelah satu dengan lainnya.

Daratan yang terpisah ini membentuk pulau-pulau kecil dan salah satunya adalah Pulau Gili Ketapang. Pulau ini bergerak hingga sejauh 5 mil atau 8046,72 Meter ke tengah laut.

Sangat jauh bukan ?

Bagaimana sobat? Silahkan buktikan sendiri dengan datang di Pulau Gili Ketapang ini ya?, jangan lupa untuk ajak orang yang anda sayangi untuk menyaksikan langsung Mitos Pulau Gili Ketapang!

2. BIAYA MASUK GILI KETAPANG

Nah sobat, siapapun bila berbicara soal wisata tentu tidak lepas dari pertanyaan “Berapa tiket masuknya ?”.

Tentu hal ini bukan karena takut mahal, tapi untuk merencanakan dengan matang agar pas dengan apa yang diharapkan.

Tentunya sobat juga tidak ingin berlama-lama untuk menilik berapa Harga Tiket Masuk di Pulau Gili Ketapang kan?

Mau ke Gili Ketapang? Ketahui 3 Hal ini!

Berikut sajian Biaya untuk masuk ke Pulau Gili Ketapang :

Biaya tiket masuk pulau Gili Ketapang    : sebenarnya tiket masuknya Gratis
Biaya Penyebrangan dari Pelabuhan         : Rp. 10.000,-
Paket Wisata Gili Ketapang                      : Rp. 85.000,-
Fasilitas Paket :
- Penyebrangan PP
- Snorkeling,
- Foto Underwater,
- Guide,
- Makan Siang

Okey sobat, sudah di perhitungkan? Pilih berkelana sendiri atau kah dengan paket yang cukup terjangkau ini?

Oh iya, untuk jam Operasionalnya, Biasanya Kapal beroperasi dari Pukul 08.00 – 16.00 WIB. Jadi jangan sampai terlambat untuk menyebrang ya sobat.

Pastikan sahabat Traveller dan orang yang disayangai datang tepat waktu, sebelum kapal berhenti beroperasi. Okey ?

3. LOKASI GILI KETAPANG

Yaps, hal Ketiga inilah yang sangat penting. Bila sobat bertanya, “Kenapa ?”, jelas jawaban yang pertama adalah agar sobat tidak tersesat dalam perjalanan.

Buang-buang waktu tentunya bila plan liburan kita berkurang hanya karena tersesat. Nah, apakah sobat sudah tahu lokasinya? Dimana alamat Pulau Gili Ketapang ini?

Alamat pulau Gili Ketapang masih termasuk kedalam Kabupaten Probolinggo, secara administratif. Untuk Lokasi Pulau Gili Ketapang sendiri berada di Desa Ketapang, Kecamatan Suberasih, Kabupaten Probolinggo, Provinsi jawa Timur.

Mungkin yang belum pernah bakal kebingunankan, “Dimana itu?”. Nah, berikut ini kami sajikan mapsnya. Semoga bisa membantu sobat untuk berwisata ke Pulau Gili Ketapang.

Maps Pulau Gili Ketapang

Kira-kira seberapa jauh nih, jarak Pulau Gili Ketapang dengan tempat sobat berada saat ini?
Untuk Rute penyebrangan dimulai dari Pelabuhan Tanjung Tembaga, dan waktu penyebrangan ±1 jam.

Nah sobat, sekarang sudah tahukan lokasi Pulau Gili Ketapang?

Apakah Sahabat Traveller sudah bisa memperkirakan kan berapa waktu yang sobat butuhkan dalam perjalanan, dan dimana lokasi nya?

Selamat berlibur di Pulau Gili Ketapang bersama orang yang anda sayangi.
Salam Wisata

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel