Oleh oleh Khas Probolinggo

DestinasiProbolinggo.Com - Bagi anda yang sedang berkunjung ke kota probolinggo  belum lengkap bila tidak membawa oleh-oleh khas daerah tersebut. Apakah anda tahu gauys apa nama lain dari kota ini? Kota ini mendapat sebutan Bayuangga, karena di kota Probolinggo ini banyak petani buah buahan seperti mangga dan anggur dll, Buah buahan tersebut merupakan hasil perkebunan yang di panen setiap musim, oleh sebab itu probolinggo mampu menguasai pasar buah tanah Jawa.

Oleh oleh Khas Probolinggo
Oleh oleh Khas Probolinggo
Bukan hanya buah-buahan saja tapi di probolinggo juga memiliki oleh oleh khas yang berupa makanan, disini terdapatberbagai macam makanan khas yang siap untuk mengisi perut anada, makanan-makanan tersebut ialah soto krasan, nasi glepungan dan masih banyak lainnya.

Inilah oleh-oleh yang wajib anda beli jika anda mengunjungi kota probolinggo

1. Proll tape

Oleh oleh ini terbuat dari bahan baku tape singkong manis, dan dipadukan oleh bahan dapur seperti tepung trigu, garam, margarin, gula pasir, telur, susu cair dan keju cheddr atau taburan kismis toko yang menjual oleh-oleh khas Probolinggo ini berada di Jl. Pahlawan, Proll Tape ini banyak diminati walaupun banyak pilihan oleh-oleh lainnya seperti tape manis, dan brownies tape.tapi yang paling laris adalah proll tape bahkan dalam sehari bisa terjual 20 kotak proll tape, jika hari libur penjualan bisa sampai 50 kotak lebih dalam satu hari, bahkan bisa lebih apalagi jika ada pesanan khusus.harga satu kotak proll tape tersebut cukup murah cuma dibandrol dengan harga Rp20.000.

2. Tape manis

 tape manis merupkan oleh -oleh khas kota probolinggo, tape tersebut diproduksilangsung oleh masyarakat sekitar yang berada di kota probolinggo tepe disini sangat manis dan enak karena proses fermentasinya yang baik, dan diolah oleh orang yang sudah ahli di dunia pertapean, harga satu kotak tape manis dibandrol Rp15.000

3. brownis tape

makanan yang satu ini adalah oleh-oleh yang cukup aneh dilihat dari namanya, yaitu brownies tape, memang jika dilihat dari namanya sangat aneh, seperti yang kita ketahui pada umumnya brownis mempunyai ciri khas rasa coklat namun ini berbeda rasanya tape. oleh-oleh ini dibandrol dengan harga Rp25.000.

4. Keripik Kentang

Kripik kentang ini mempunyai Warna putih susu, lebar, dan teksturnya renyah. Ciri-ciri khas keripik kentang dari Bromo yang diproduksi langsung di kota Probolinggo. cara menghasilkan keripik kentang renyah dan gurih memang diperlukan bahan utama kentang yang kualitasnya super, meskipun harganya lebih mahal. Ada pilihan yang lebih murah dengan penggunaan kentang  yang kuwalitasnya biasa. meski ukurannya kecil tapi hasil kripiknya yang cukup baik  berwarna putih kecokelatan. Keripik kentang ini banyak disukai karena rendah kolesterol tetapi mempunyai kalori yang tinggi.

5. Sirup Pokak

Sirup pokak adalah sirup yang berasal dari Probolinggo, pokak terkenal sebagai minuman yang mengandung berbagai rempah dan mengandung banyak khasiat. Sirup ini dibuat dari serai, cengkeh, kayu manis, jahe, jeruk purut, pandan wangi, dan gula. Sirup ini berwarna cokelat cerah dengan aroma pandan yang harum dan wangi.

Hasil olahan pokak ini berupa sirup dan wedang. Apabila diminum, kedua olahan tersebut dapat mengakibatkan badanterasa hangat dan pedas di lidah. Sirup ini sangat cocok dijadikan minuman di wilayah dingin seperti Bromo. Sirup pokak ini mempunyai khasiat dapat meredakan batuk, mengobati masuk angin, dan menurunkan kadar kolesterol.

6. Keripik Jahe

keripik jahe ini sebenarnya adalah oleh-oleh khas Bromo. Kripik jahe ini terbuat dari jahe dan kelapa dengan cita rasa gurih-gurih pedas. Kripik ini sangat cocok didijadikan cemilan di wilayah yang dingin seperti bromo dan sekitarnya seperti probolinggo.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel